Sunday, December 20, 2015

Bukan dari luar, tapi dari dalam

By Benyamin Kurniawan
Trifena Yulianti (kiri) dan Pak Benyamin Kurniawan (kanan)
Presiden Ronald Reagan pernah mengatakan bahwa, “Kedamaian itu bukanlah keadaan tanpa konflik, tapi kemampuan untuk mengatasi konflik tanpa kehilangan kedamaian.” Damai bukanlah keadaan dari luar, tapi kondisi dari dalam. Dikisahkan diadakan sebuah perlombaan melukis dengan tema ‘kedamaian’, para pelukis mulai mencurahkan imajinasinya untuk menggambarkan arti kedamaian yang sesungguhnya dalam goresan kanvas. Sampailah pada hari penilaian, semua lukisan dinilai oleh juri dan akhirnya terpilih dua lukisan yang akan dipilih menjadi pemenang perlombaan ini.

Pada babak final, kedua pelukis diberikan waktu untuk menceritakan gambaran sesungguhnya tentang kedamaian. Saat pelukis pertama menceritakan, “Kedamaian adalah saat kita berdiri di depan sebuah danau yang tenang dan melihat keindahan alam sekitar dimana gunung menjulang tinggi, cuaca cerah dengan langit biru dan awan putih yang menciptakan sebuah keindahan alam yang membuat kita dapat menarik nafas dan merasakan ketenangan dalam diri kita.” Semua penonton bertepuk tangan mendengar penjelasan pelukis pertama ini dalam menggambakan kedamaian.

Kesempatan kedua diberikan kepada pelukis kedua, dengan tenang ia mulai menjelaskan lukisannya, “Saat kalian semua melihat lukisan saya, kalian pasti berpikir dimana letak kedamaian dalam lukisan saya? Yang kalian lihat adalah kondisi angin badai yang sedang bertiup kencang di tepi sebuah pantai, angin yang kencang membuat kekacauan, daun-daun berguguran, dahan pohon terbang mengikuti arah angin, bahkan pasir di pantai juga berterbangan menambah kekacauan di malam tersebut. Hujan juga mulai turun memecah keheningan malam tersebut, tetapi di dalam kondisi tersebut dapatkah kalian memperhatikan seekor burung kecil sedang bersiul-siul di atas sebuah dahan dan tetap tenang dalam situasi yang begitu kacau—itulah yang disebut kedamaian.” Ketika pelukis kedua menyelesaikan ceritanya, maka seluruh hadirin yang ada di ruangan tersebut bangkit berdiri sambil bertepuk tangan.

Anda pasti dapat menduga lukisan mana yang memenangkan lomba? Benar dugaan Anda, lukisan kedua menjadi pemenangnya. Kedamaian bukan berarti Anda harus berada di tempat yang tanpa keributan, tanpa kesulitan atau bahkan sebuah kondisi tanpa konflik—tapi justru kedamaian adalah perasaan tenang saat Anda menghadapi keributan, kesulitan bahkan di dalam konflik sekalipun. Ketenangan seperti itu muncul karena Anda memiliki keyakinan bahwa ada pelangi sehabis hujan dan ada harapan di dalam setiap kesulitan. Ingatlah selalu, Kedamaian bukanlah keadaan dari luar, tapi kondisi dari dalam. (BK)



No comments:

Post a Comment